Oleh Raga 1 Jam Sehari Dapat Mencegah Gagal Jantung

Banyak orang mengaku tak punya banyak waktu untuk berolahraga. Padahal faktanya, tak dibutuhkan banyak waktu untuk menjaga kebugaran tubuh. Penelitian terbaru mengungkap bahwa bahkan olahraga selama satu jam saja sudah bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Heart Association mengungkap bahwa olahraga selama satu jam saja sudah cukup untuk menurunkan risiko terkena gagal jantung hingga 46 persen, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (04/09).

Hasil ini ditemukan oleh peneliti Swedia setelah menganalisis 39.805 orang berusia 20 sampai 90 tahun yang tidak pernah mengalami gagal jantung. Sejak saat itu, mereka melakukan pengamatan mengenai tingkat kebugaran, aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta penggunaan obat. Mereka kemudian membandingkan hasil itu dengan risiko partisipan mengalami gagal jantung.


Hasilnya, peneliti menemukan bahwa melakukan olahraga satu jam sehari saja sudah cukup untuk menurunkan risiko gagal ginjal hingga 46 persen. Sementara itu, mereka yang memiliki risiko paling tinggi adalah yang berusia tua dengan BMI (massa indeks tubuh) yang lebih tinggi dan rasio pinggul yang lebih tinggi.

Meski penelitian ini menunjukkan bahwa pria lebih berisiko mengalami gagal jantung dibanding pria, namun berolahraga selama satu jam saja memberikan efek yang positif terhadap keduanya. Karena itu, jangan lagi beralasan tak punya waktu untuk berolahraga. Satu jam saja sudah cukup untuk memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung Anda!. (merdeka.com)